03 Maret 2011

Iklan Kecepatan Broadband Tidak Benar?

Ternyata iklan kecepatan broadband internet yang sering kita lihat di media iklan tidak semuanya benar. Konsumen harus benar-benar mengecek kecepatan broadband internet tersebut kalau tidak ingin kecewa. Mengapa demikian?

Para pengamat memperingatkan, informasi kecepatan broadband yang diberikan provider melalui iklan tidak sepenuhnya benar. Setidaknya, demikian hasil pengamatan watchdog asal Inggris, Ofcom, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (3/3/2011).

Menurut Ofcom, rata-rata kecepatan broadband di Inggris hanyalah separuh dari yang dijanjikan dalam iklan. Dalam studinya, Ofcom menemukan bahwa rata-rata kecepatan broadband di Inggris adalah 6,2Mbps, kendati rata-rata iklan menyebut 'kecepatan hingga' 13,8Mbps.

Atas penemuan ini, Ofcom pun menuntut pemerintah menetapkan regulasi yang lebih ketat untuk pihak pengiklan. Mereka meminta pihak pengiklan menyebutkan angka kecepatan yang benar-benar bisa dinikmati setidaknya setengah dari jumlah pelanggan, di samping angka maksimal kecepatan.

Ofcom meneliti 11 paket milik tujuh provider besar, yang mewakili lebih dari 90 persen pelanggan broadband di Inggris. Mereka mengumpulkan hasil dari 18 juta hasil uji coba dari 1.700 rumah sepanjang November dan Desember 2010.

Chief executive Ofcom Ed Richards mengatakan, "Sangat menggembirakan bahwa teknologi-teknologi baru sudah tersebar ke seluruh pelosok Inggris, dan internet kini semakini cepat. Tapi, riset menunjukkan bahwa ISP harus memastikan mereka memberi informasi yang jelas dan akurat tentang layanan mereka kepada konsumen."

"Regulasi terkait perubahan periklanan broadband ini sangat penting agar konsumen bisa mendapat lebih banyak informasi sebelum mengambil keputusan, berdasarkan iklan yang mereka lihat. Selain itu, pengiklan juga bisa berkomunikasi lebih jelas tentang bagaimana produk mereka dibandingkan dengan kompetitor di pasar," tutup Richards.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar