22 Maret 2011

Facebook dan Twitter Ubah Komunikasi Cinta

Mungkin anda yang merupakan produk jaman dulu kalau komunikasi dengan pacar biasanya dengan mengirim surat. Setelah itu ada jaman handphone komunikasi dengan SMS dan telpon setiap saat. Dan sekarang jaman semakin canggih dimana internet bisa diakses via smartphone. Komunikasi dengan pacar lebih mudah dengan Facebook dan Twitter. Seperti apa?

Dibandingkan mengirim surat cinta atau bernyanyi lagu romantis, deklarasi cinta dengan 140 kata di Twitter tampak tidak romantis. Namun, media internet kini malah digilai.

Dalam survei terbaru majalah Shape and Men’s Fitness, lebih dari 65% responden mengaku diajak berkencan via pesan teks. Beberapa di antaranya bahkan mengaku belum pernah dikirim surat cinta.

Teknologi mampu memperlancar jalannya cinta sejati, ujar Patrick Markey, direktur Laboratorium Hubungan Interpersonal di Villanova University, Amerika Serikat.

”Kencan via internet bagaikan mendapat lebih banyak ikan di laut dibandingkan sebelumnya. Anda hanya perlu melihat halaman situs dan mencari pasangan potensial. Ini sangat mudah.” Cara ini sangat menguntungkan, apalagi bagi seseorang lajang yang terlalu sibuk dengan pekerjaan maupun sisi kehidupan lain.

Sebelum seseorang melakukan kencan pertama, menghindari kebohongan identitas dari lawan jenis juga dapat dilakukan dengan internet. Setiap individu dapat mengakses Google dan Facebook untuk mencari tahu ’calon pasangan’ dan memastikan semua informasi yang diberikan sesuai tampilan di media internet.

”Apa yang ingin diketahui seseorang dari pasangannnya dapat dimiliki dengan cepat dan mudah sekarang,” kata Robert Rosenwein, profesor sosiologi di Lehigh University.

”Media internet memberikan peringatan kepada Anda tentang seseorang sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu banyak dengannya untuk mencari tahu apakah dia cocok dengan Anda atau tidak,” kata Rosenwein lagi.

Lalu, saat Anda menemukan ’Juliet’ potensial, bagaimana cara modern untuk mendapatkan hati wanita? Cobalah hubungi ke ponsel. Keberadaan SMS kini lebih terstruktur di mana pesan sebelumnya dapat digabungkan dengan pesan baru dalam satu tampilan.

Paul Walker, 25 tahun, asal Brooklyn, Amerika Serikat, menggunakan SMS sebagai hadiah ulang tahun hubungan dengan pasangannya, Elizabeth. Ia mengumpulkan SMS lalu dalam satu kesatuan sehingga berbentuk seperti kronologi hubungan. ”Ini menjadi jejak hubungan dan sesuatu yang emosional,” kata Walker.

Teknologi tidak hanya membantu memikat cinta. Dalam sebuah studi, Jen Eden dan Alice Veksler dari Miami University, Ohio, AS, internet dimanfaatkan pula untuk menggagalkan hubungan yang tidak diinginkan. ”Kami melihat adanya taktik yang digunakan seseorang untuk mempertahankan status mereka dalam hubungan. Mereka bisa bersikap seolah tidak cocok dalam hubungan.”

Selain itu, internet juga membantu Anda memutuskan hubungan tanpa perlu merasa tidak nyaman. ”Mediasi komputer sangat bagus ketika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan,” kata Eden lagi. Dalam sebuah survei yang dikutip Time, 43% wanita dan 27% pria mengakhiri hubungan via SMS.

Dalam fenomena ’putus cinta’, cukup sulit untuk mengetahui batas antara efisiensi dan komunikasi impersonal. Kunci terletak pada penyeimbangan hubungan saat online ataupun offline.

”Beberapa orang mungkin berpikir hubungan akan berjalan dengan baik jika memanfaatkan Facebook. Namun, seringkali kita melupakan kebutuhan ’obrolan kecil’ yang berkualitas,” ujar Art Ramirez, asisten profesor bidang komunikasi di Arizona State University.

Tidak dipungkiri, popularitas Facebook dan Twitter saat ini sangat tinggi. Situs peneliti internet Experian Hitwise mengatakan pada Januari lalu, Facebook memiliki bagian 12,46% dari keseluruhan trafik online Inggris. Jumlah itu menunjukkan sebanyak 2,4 miliar orang mangakses Facebook.

Facebook juga diketahui memiliki 56% total kunjungan. "Ketika jejaring sosial saling bersaing, banyak pengguna muncul di berbagai tempat di internet," kata Research Director Experian Hitwise Robin Goad.

Facebook dan Twitter merupakan jejaring sosial paling populer di dunia "Twitter menunjukkan pertumbungan sangat pesat sejak peluncuran pada 2006. Situs ini memiliki setidaknya 253 juta pengguna aktif setiap bulan, 85% lebih tinggi dari jumlah di tahun lalu," ungkap perusahaan Perkins Caufield & Byers, beberapa waktu lalu.

Sumber : inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar