21 Januari 2011

CEO Google Lengser

Dalam satu dekade terakhir, Google Inc. membuat perombakan besar-besaran pada sistem manajemen perusahaan. Salah satu pemicunya adalah mundurnya Eric Schmidt dari posisinya sebagai Chief Executive Officer (CEO) Google kemarin. Kedudukan Schmidt digantikan Larry Page yang sebelumnya menjabat sebagai President of Technology Google.

"Salah satu tujuan utama saya adalah untuk menjadikan Google sebagai perusahaan besar yang gesit dan memiliki semangat," kata Page seperti dikutip The New York Times, hari ini.

Google memang telah tumbuh menjadi perusahaan yang sangat besar. Lantaran terlalu besar, perusahaan ini dianggap menjadi sangat birokratis dan kurang lincah dalam mengembangkan bisnisnya. Situasi di perusahaan itu lama-kelamaan sangat berbeda dengan kondisi perusahaan para pesaingnya, seperti Facebook dan Twitter yang dipimpin orang-orang muda yang bersemangat.

Page yang kini berusia 38 tahun itu akan mulai memimpin pada April mendatang. Sedangkan Schmidt akan menduduki posisi baru sebagai Google Executive Chairman.

Kendati kepemimpinan di Google silih berganti, perusahaan yang memiliki 24 ribu karyawan ini masih menjadi tempat favorit pilihan para pencari kerja untuk berkarya. Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir, Google telah kehilangan puluhan insinyur dan orang di jajaran eksekutif senior, seperti Sheryl Sandberg yang sekarang menjadi Chief Operating Officer Facebook, dan Tim Armstrong yang sekarang menjadi kepala eksekutif AOL.

Di akun Twitter, Schmidt menulis saat ini Google tidak perlu lagi pengawasan dari orang-orang tua. "Sudah waktunya bagi Larry untuk menjalankan semua ini dan saya percaya dia sudah siap," katanya.

Sumber : Tempo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar