20 Januari 2011

Inilah Tips Mengatasi Stress di Kantor

Menghadapi pekerjaan rutin di kantor setiap hari bisa menimbulkan rasa jenuh dan stress. Jika anda mengalami stress di kantor karena pekerjaan yang selalu menumpuk setiap hari ini ada tipsnya bagaimana mengatasi stress di kantor. Yuk kita simak tipsnya.

1. Mulailah dengan sarapan pagi yang bisa Anda lakukan baik di rumah atau di suatu tempat pada saat dalam perjalanan ke kantor. Agar tidak membosankan ajaklah rekan kerja untuk sarapan bersama. Biar lebih hemat bisa bayar sendiri-sendiri he he.

2. Buatlah jadwal harian sehingga Anda memiliki suatu kesempatan untuk melakukan setidaknya satu kegiatan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan mencoba untuk melakukan dua atau tiga kegiatan dalam waktu yang bersamaan. (Memangnya kita Superman)

3. Hindari minum kopi atau minuman bersoda (soft drinks) sepanjang hari tetapi gantilah dengan air putih atau jus buah-buahan.

4. Sebisa mungkin ciptakan suasana kerja yang menyenangkan di sekeliling Anda. Bunga, foto keluarga, atau souvenir setelah liburan, atau benda-benda pribadi Anda.

5. Jangan bergosip atau membiarkan gosip mempengaruhi Anda selama bekerja. Terutama buat cewek-cewek nih.

6. Jadilah seseorang yang berbeda dengan yang lainnya, belajarlah bagaimana mengungkapkan sesuatu yang berbeda, buatlah permintaan-permintaan, dan katakan “tidak” secara membangun.

7. Libatkan diri Anda setidaknya sekali dalam sehari dengan seseorang atau sesuatu yang bisa membuat Anda tertawa. Bisa juga anda mengunjungi website humor dsb.

8. Tentukan tujuan-tujuan yang bisa dicapai. Jangan memaksakan diri dengan harapan-harapan yang sempurna dan tidak realistis.

9. Hindari membicarakan masalah kantor pada saat makan siang. Nikmati makan siang Anda di luar kantor dan bicarakan hal-hal lain (kalau anda diijinkan makan di luar kantor, ada juga perusahaan yang menyediakan ruang makan khusus karyawan). Hindari membawa pekerjaan pada saat istirahat. Buatlah waktu istirahat menjadi kreatif dan menyegarkan. Jalan-jalan di sekeliling lingkungan Anda, membaca buku, dll.

10. Berkhayal sesuatu yang bisa membuat Anda merasa tenang (kira- kira 1 atau 2 menit).

11. Beristirahatlah secara berkala untuk melemaskan otot-otot, menghirup nafas dalam-dalam, dan melepaskan kelelahan. Ketahuilah bahwa meluangkan waktu sejenak untuk rileks membuat Anda menjadi lebih produktif.

12. Hindari persaingan-persaingan yang tidak perlu. Terlalu banyak memikirkan hal-hal dalam kehidupan justru membuat Anda merasa tegang dan cemas serta menjadikan Anda agresif yang sebenarnya tidak perlu terjadi pada diri Anda.

13. Setelah mengalami kegagalan, tingkatkan kemampuan Anda untuk mengembalikan kepercayaan diri Anda. Belajarlah dari kegagalan yang Anda peroleh. Ingat kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

14. Selesaikan masalah Anda pada saat Anda benar-benar dalam kondisi yang bagus baik secara mental maupun fisik.

15. Selesaikan tugas-tugas yang tidak menyenangkan di saat Anda memulai pekerjaan. Karena pada saat anda memulai pekerjaan adalah saat anda sedang pada semangat dan gairah kerja yang tinggi.

16. Buatlah jadwal kegiatan Anda — pada saat di rumah maupun di kantor — untuk meyakinkan Anda memiliki waktu yang cukup untuk mencapai tujuan-tujuan Anda tanpa terburu-buru. Hal ini termasuk menjadwal atau membatalkan janji-janji sehingga Anda bisa menepatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar