05 Januari 2011

Waspada Sugesti Gelang Power Balance

Gelang Power Balance
Saat ini banyak kita lihat mulai selebrity dunia dan atlit dunia menggunakan gelang Power Balance yang katanya berkhasiat dapat meningkatkan performa pemakainya. Secara medis, manfaat nyata gelang Power Balance belum terbukti dan dipertanyakan sejumlah ahli. Namun, sebagian pemakainya mengaku merasakan khasiat gelang karet berhologram itu untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas tubuh. Mengapa demikian?

Psikolog Ratih Andjayani Ibrahim mengatakan, yang dirasakan para pemakai gelang Power Balance itu mungkin hanyalah sugesti yang disebut ‘efek plasebo’.

Tubuh yang mengalami efek plasebo akan membaik karena pengaruh positif terhadap pikiran. Kondisi ini yang kemudian berimbas pada kesehatan. Bukan lantaran khasiat langsung dari gelang tersebut.

Lalu, apakah setelah mengetahui tidak ada manfaatnya akan berpengaruh negatif pada kesehatan pemakainya? Ratih tak memungkiri bahwa orang yang merasa tertipu dapat merasa sakitnya lebih parah atau langsung cepat lelah.

Namun, penerimaan setiap orang bisa berbeda-beda. “Ada yang dapat langsung mempengaruhi kesehatan, ada juga yang merasa biasa saja, tidak berpengaruh sama sekali kepada kesehatannya.”

Ratih menyarankan, sebelum membeli barang untuk meningkatkan kesehatan harus membuat pertimbangkanan secara rasional dan logis. Prinsipnya, menurut Ratih, kesehatan tidak akan dapat diperoleh dengan cara instan dan langsung terasa hasilnya. Kesehatan adalah investasi jangka panjang dengan menerapkan disiplin serta gaya hidup sehat.

Bagaimana menurut anda?

Sumber : Vivanews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar