07 November 2010

Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja

Mungkin banyak diantara anda yang akan menghadapi wawancara kerja punya pertanyaan bagaimana cara mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja? Apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi wawancara kerja tersebut dan mungkin ada segudang pertanyaan lain. Jadi bagaimana kita mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja?

Persiapan yang baik adalah kunci keberhasilan. Faktanya, banyak orang tidak memiliki persiapan khusus ketika akan menghadapi wawancara kerja. Ingat, dalam proses seleksi, wawancara merupakan tahapan akhir untuk memastikan apakah seorang kandidat layak atau tidak. Dengan melakukan persiapan yang baik, maka peluang untuk diterima akan menjadi lebih besar.

Apa saja yang harus dipersiapkan ketika menghadapi wawancara kerja? Daftar berikut mudah-mudahan bisa membantu Anda:

1. Pelajari kembali CV anda dan fokuskan pada bagian-bagian yang relevan dengan pekerjaan yang dituju. Persiapan ini akan memudahkan kelancaran anda dalam menjawab terkait apa-apa yang telah dituliskan di dalam CV.
2. Pelajari perusahaan yang akan Anda masuki. Cari tahu dari teman, tetangga, website atau sumber-sumber lainnya. Apa saja produknya? Apa visi dan misi perusahaan tersebut? Karyawan seperti apa yang mereka harapkan? Memiliki informasi yang banyak tentang perusahaan yang akan dimasuki akan membantu kita untuk antusias dalam wawancara, sekaligus memiliki minat yang kuat untuk bekerja.
3. Pastikan waktu, tempat, dan siapa yang harus dihubungi untuk proses wawancara. Rencanakan keberangkatan anda agar tiba tepat waktu. Jangan sampai hilang kesempatan hanya gara-gara datang terlambat. Kalau bisa sehari sebelumnya anda bisa survey kantor yang akan digunakan sebagai tempat wawancara.
4. Latih beberapa pertanyaan sulit dan bagaimana anda akan menjawabnya. Ini akan menghemat waktu dan anda tidak perlu berpikir terlalu lama ketika perekrut menyampaikan pertanyaannya.

Jadi inti dari wawancara adalah untuk memastikan apakah seorang kandidat sesuai dengan hasil tes sebelumnya dan dengan CV yang dituliskan. Wawancara juga berguna untuk bertemu langsung secara fisik dengan seorang kandidat serta mengetahui sikap dan cara berpikirnya. Wawancara bisa membuat interviewer semakin yakin Anda adalah orang yang tepat dan sebaliknya bisa pula menjadi ragu karena kualitas diri Anda tidak sesuai dengan CV atau hasil tes sebelumnya.

Selamat mempersiapkan diri menhadapi wawancara kerja. Semoga bermanfaat dan sukses buat anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar