06 November 2010

Manfaat Berenang Pada Anak

Ada hasil studi terbaru para ilmuwan di Australia yang telah membuktikan bahwa jika anak belajar berenang dapat membuat anak menjadi lebih cerdas. Selain berguna bagi kesehatan, renang juga bermanfaat sebagai pertahanan tubuh saat berada di air. Kok bisa begitu ya?

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan di Australia bekerjasama antara Griffith University, Kids Alive Swim Program dan Swim Australia ini menjaring lebih dari 10.000 anak berumur sekitar lima tahunan pada kelas latih renang.

Proyek ini memantau 10.000 siswa di seluruh Australia setiap tahunnya selama empat tahun dan bertujuan untuk menentukan apakah dengan berenang secara teratur mampu menghasilkan masukan terhadap perkembangan fisik, sosial, kognitif dan bahasa pada anak-anak yang belum bersekolah.

Profesor Robyn Jorgensen, dari Griffith Institute for Educational Research, Queensland, mengatakan "Bukti anekdotal menemukan bahwa perenang atau anak yang bisa berenang cenderung lebih percaya diri dengan perkembangan fisik yang lebih besar daripada rekan-rekan seusianya yang tidak bisa berenang."

Menurutnya, data awal dari studi ini cukup positif, mereka mengikuti kelas berenang terlihat lebih unggul secara perkembangan, baik secara fisik, sosial, kognitif dan bahasa.

"Tenggelam adalah penyebab kematian tertinggi di bawah kelompok umur 5 tahun, baik di kolam renang, kamar mandi atau sumber air lainnya. Jadi kami ingin meningkatkan kesadaran tentang pentingnya belajar berenang sejak usia dini," kata Prof Jorgensen.

Hasil studi ini akan mengidentifikasi faktor kunci dalam program-program renang yang meningkatkan perkembangan anak, seperti jumlah pelajaran per minggu, usia anak ketika mulai pelajaran dan akses ke kolam renang rumah.

Penelitian ini merupakan studi detail pertama yang menentukan banyaknya manfaat dari perkembangan yang terjadi pada anak yang sedang belajar berenang. Nah oleh sebab itu alangkah baiknya jika kita memiliki anak usia 5 tahunan sudah mulai belajar berenang.


Sumber : Wartanews

1 komentar:

  1. trims ya informasinya,manfaat bgt agar orang tua bisa ngajarin anaknya berenang lebih dini
    FYI kami juga jual baju renang anak lhoo,kunjungi webstore kami ya baju renang anak

    BalasHapus