09 November 2010

Tips Foto Dengan Kamera Handphone

Saya sering mengalami bahwa suatu ketika saya ingin mengabadikan suatu moment baik itu misalnya ada pameran atau mendapati ada obyek yang bagus untuk di ambil gambarnya seperti pada contoh gambar di samping, dsb. Tapi permasalahannya adalah tidak setiap saat saya membawa kamera digital. Nah yang biasa saya lakukan adalah memanfaatkan kamera di handphone saya yang selalu saya bawa setiap saat. Memang kamera di handphone tidak sebagus kamera digital tetapi dengan beberapa tips berikut ini kita bisa juga mengabadikan moment yang bagus dengan handphone kita. Bagaimana tips memotret dengan handphone?

1. Dekatkan kamera dengan obyek

Kebanyakan handphone berkamera tidak dilengkapi dengan lenza zoom yang maksimal. Untuk mengatasi hal itu, anda sebaiknya mendekati obyek yang akan dibidik.

2. Penerangan cukup

Tidak semua hanphone berkamera yang sudah dilengkapi lampu kilat (flash) dapat menghasilkan gambar yang tajam pada kondisi gelap. Karena itu, pastikan Anda memotret pada kondisi pencahayaan yang cukup.

3. Bersihkan lensa

Handphone kamera biasanya tidak dibekali dengan penutup lensa. Alhasil, lensa mudah kotor akibat terkena debu atau jari. Sebelum memotret, pastikan lensa sudah terbebas dari debu.

4. Perhatikan kapasitas memori

Memori handphone umumnya tidak hanya digunakan untuk menyimpan foto, tetapi juga video dan file berisi tulisan. Jika Anda membawa netbook atau notebook, segera pindahkan foto ke sana agar memori tidak penuh.

5. Jaga keseimbangan

Handphone berkamera tidak dapat digunakan dalam kondisi tangan goyang. Pastikan Anda tangan Anda tidak bergerak saat sedang membidik obyek. Bila kondisi tangan Anda stabil, foto yang dihasilkan tidak blur.

6. Pastikan obyek tidak bergerak

Tidak semua handphone berkamera dapat digunakan untuk membidik obyek bergerak. Untuk menjaga agar foto tidak blur, pastikan obyek yang Anda potret dalam kondisi diam.

7. Hindari digital zoom

Pemakaian digital zoom dapat mengurangi kualitas gambar. Sebisa mungkin hindari menggunakan digital zoom. Akan lebih baik apabila Anda mendekatkan diri ke obyek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar