06 November 2010

Saatnya Era Komputer Tablet

Selama ini kita bisa melihat di toko-toko komputer bahwa pada selama 2009-2010 penjualan notebook mulai tergusur dengan kemunculan netbook. Dengan ukuran yang kecil yakni 10 inc, netbook memiliki kelebihan daripada notebook dari sisi mobilitas dan konektivitasnya dengan internet. Karena bentuknya lebih kecil dan lebih ringan baik beratnya maupun kinerjanya dan biasanya digunakan untuk browsing internet di cafe dsb.

Nah, di tahun 2010 diwarnai dengan kemunculan komputer tablet dengan berbagai merek yang berakhiran pad-pad yang akan mengubah kondisi tadi. Dengan munculnya tablet-tablet ini orang tak lagi terkoneksi internet atau online hanya di kala mereka butuh untuk menyalakan notebook atau netbook.

Kini dengan tablet-tablet ini mereka bisa online terus, karena tak perlu lagi repot-repot membuka, menyalakan netbook, menunggu untuk online. Jadi menurut saya ini adalah trend baru dan tahun 2011 trend ini bisa berkembang pesat karena sudah menjadi lifestyle. Menurut saya, ini merupakan lampu kuning bagi netbook. Netbook memang bisa digunakan untuk menulis, mengedit, dan beberapa fungsi lainnya. Namun komputer tablet lebih handy dan membuat pengguna menjadi lebih produktif. Ia adalah perangkat hybrid yang berada di antara piranti berlayar kecil dengan piranti berlayar besar. Tablet ini juga didukung dengan berbagai sistem operasi baru seperti Android, iOS, QNX (sistem operasi BlackBerry Playbook). Kelebihannya tak hanya bisa menyajikan informasi, tapi juga cocok sebagai perangkat hiburan, sekaligus juga menjadi perangkat komunikasi. Ini akan memaksa pengguna untuk beralih dari netbook kepada tablet. Apalagi ia juga memiliki kemampuan untuk memainkan video berdefinisi tinggi. Selain itu, komputer tablet ini juga bisa digunakan untuk menelepon dan ber-SMS.

Jadi potensi yang bisa dicapai dari tablet ini cukup besar. Apalagi dengan tablet ini, orang bisa online terus sepanjang hari. Baterainya pun juga tahan lebih lama dari netbook, bisa mencapai sekitar 10 jam untuk tablet seperti Samsung Galaxy Tab maupun Apple iPad. Nah apakah anda sudah mencobanya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar