09 Mei 2011

Facebook Meningkatkan Traffic Situs Berita

Ternyata Facebook tidak hanya sebagai jejaring sosial yang berfungsi untuk hiburan semata. Berdasarkan analisa terbaru dari Pew Research Center, jejaring sosial terpopuler itu 'berjasa' dalam meningkatkan trafik situs-situs berita.

Melalui studi ini, Pew mengamati tren tingkah laku pembaca berita online pada 9 bulan pertama di tahun 2010, menggunakan statistik audiens dari Nielsen.

Studi ini mengamati sekira 25 situs berita paling populer di Amerika Serikat dan melihat proses pengguna mengakses situs tersebut, berapa lama mereka mengakses situs, sedalam apa mereka mengeksplorasi situs serta ke mana tujuan mereka setelah meninggalkan situs tersebut.

Sekira 40 persen trafik yang dihasilkan ke-25 situs itu datang dari referensi luar, di mana Google Search dan Google News menjadi sumber referensi terbesar. Sementara, 60 persen trafik lainnya dihasilkan dari akses langsung ke home page sebuah situs berita.

Meski tidak dijelaskan dengan detil, Facebook tercatat sebagai salah satu sumber referensi situs berita terbesar setelah Google. "Media sosial, khususnya Facebook, menjadi sumber penting peningkatan trafik," demikian analisa studi tersebut sebagaimana dikutip Straits Times, Senin (9/5/2011).

Selain Google dan Facebook, mesin pencari Yahoo juga tercantum sebagai sumber referensi penting yang mampu meningkatkan trafik situs berita.

Sumber : Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar