30 Mei 2011

Bermain Musik Bikin Awet Muda?

Anda sering bermain musik? Jika iya maka anda sangat beruntung karena sebuah studi terbaru menyebutkan bahwa sering memainkan alat musik memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah memperlambat efek penuaan dan selalu terlihat awet muda. Benarkah demikian?

Dalam penelitian di Amerika Serikat, para peneliti menemukan fakta, musisi yang berusia 45-65 akan unggul dalam hal memori dan kemampuan mendengar pembicaraan orang lain meski dalam keadaan bising dibanding yang nonmusisi. Selain itu bermain musik juga mengurangi beberapa efek negatif dari proses penuaan.

Direktur Auditory Neuroscience Laboratory di Northwestern University, AS, Nina Kraus menjelaskan, melatih bermain musik seumur hidup bisa memberikan keuntungan setidaknya terhadap dua fungsi tubuh yang akan menurun seiring bertambahnya usia.

Seperti dikutip dari Dailymail, Kraus menyebutkan, kesulitan mendengar suara pada suasana bising merupakan salah satu keluhan paling umum dari orang-orang yang sudah tua. Kondisi ini akan mengganggu kegiatan sosialnya, serta bisa memicu depresi.

Studi yang melibatkan 18 orang musisi dan 19 orang nonmusisi yang berusia 45-65, dengan menguji memori auditori, memori visual, proses pengolahan pendengaran serta kemampuan berbicara di kebisingan.

Para musisi yang mulai bermain alat musik pada usia 9 tahun atau sebelumnya dan konsisten terus sepanjang hidupnya, akan hidup lebih baik dihampir semua hal yang diuji dibanding nonmusisi.

"Jika bekerja dengan suara akan melibatkan semua daya pikir yang mengatur memori yang secara fisik harus selalu diasah, karenanya bermain musik bisa memerangi masalah komunikasi yang berkaitan dengan usia," jelas Kraus.

Untuk itu orang yang selalu bermain musik atau menjadi musisi akan terhindar dari efek negatif yang muncul seiring bertambahnya usia. Kondisi ini yang membuatnya akan selalu merasa muda.

Sumber : inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar