17 Februari 2011

Coca-cola Mengandung Alkohol?

Baru-baru ini resep rahasia Coca-Cola terungkap ke publik oleh sebuah situs di internet. Hal ini ternyata cukup mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, salah satu kandungan yang terdapat dalam minuman paling populer di dunia itu adalah alkohol. Apakah benar demikian?

Ya, seperti dilansir Telegraph, Kamis (17/2/2011), situs thisamericanlife.org baru-baru ini memaparkan kandungan dan porsi bahan-bahan yang terdapat dalam Coca Cola. Bukan hanya itu, thisamericanlife juga memberikan bukti foto seseorang tengah membuka foto berisi replika resep milik John Pemberton, yang notabene merupakan penemu racikan bahan-bahan tersebut.

Selain bahan-bahan seperti ekstrak Coca, citric acid, kafein, karamel dan sebagainya, resep itu menyertakan alkohol yang dicampur sebanyak 8 ons. Penemuan ini cukup mengejutkan, karena selama ini Coca Cola merupakan konsumsi umum, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, alkohol jelas merupakan zat yang dilarang sebagian agama tertentu.

Coca Cola sendiri memang tidak menuliskan lengkap kandungan minuman tersebut dalam setiap kemasannya. Kebijakan yang cukup wajar memang, guna menghindari pihak kompetitor meniru resep tersebut.

Namun, hal ini tentu menyesatkan konsumen. Pada setiap kemasannya, Coca Cola hanya mencantumkan komposisi sebagai berikut: air berkarbonasi gula, konsentrat Coca Cola termasuk karamel.

Tanpa pencantuman kandungan alkohol dalam kemasannya, Coca Cola berhasil lolos dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) serta mendapat sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Meski demikian, hingga saat ini, belum diketahui apakah Coca Cola yang beredar di Indonesia juga mengandung alkohol.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar