07 Februari 2011

Causeway Bay Rumah Kedua Bagi WNI

Saat di Causeway Bay Hongkong
Jika ke Hongkong tak lengkap rasanya tak menginjakkan kaki ke Causeway Bay, salah satu kawasan komersil di daerah bekas jajahan Inggris tersebut. Kebetulan sewaktu saya ke Hongkong saya juga sempat ke Causeway Bay dan pada saat hari libur saya merasa seperti berada di Indonesia karena banyak saya jumpai TKI yang sedang libur di daerah tersebut.

Nama Causeway Bay tidak asing bagi para WNI dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang lama menetap di Hongkong, bahkan Kantor Konsulat Jenderal RI Hongkong juga terletak di distrik ini. Tepatnya di 127-129 Leighton Road, 6-8 Keswick Street.

Suasana seperti di Indonesia begitu terasa ketika tiba di Keswick Street tempat bus saya berhenti karena di sana terdapat gedung Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Mandiri. Saya juga terkejut begitu mengetahui kalau di depan kantor Konsulat Jenderal RI terdapat rumah makan Warung Chandra yang menjual masakan Indonesia seperti nasi goreng, pecel, nasi campur dan gado-gado.

Di warung (toko) ini juga menjual bahan makanan,kue, sirup, bumbu dapur buatan Indonesia. Jika melihat etalase di toko ini kita akan menjumpai, indo mie, kecap Bango, sarden ABC, kerupuk ikan khas bangka dan cilacap, sirup marjan dan makanan Indonesia lainnya.

Makanan yang sama ketika sedang berbelanja di Alfa Mart atau Indomaret di Indonesia. Perbedaannya hanya barang-barang tersebut dijual dengan dollar Hongkong tentunya dengan harga yang cukup mahal jika dibandingkan jika dibeli di Indonesia.

Tenaga Kerja Wanita Indonesia mendominasi jumlah pekerja asing di Causeway Bay. Dengan populasi TKW terbesar di Hongkong, tidak heran Causeway Bay disebut kampung kedua bagi para WNI.

Causeway Bay juga dikenal sebagai surga belanja bagi para turis lokal dan mancanegara tentunya untuk barang branded dan merek terkenal. Di Causeway Bay anda juga dapat mengunjungi Lee Garden, Sogo dan Jardine Bazaar, ini merupakan salah satu alternatif tempat belanja untuk mendapatkan branded-fashion stuff dengan model terbaru dan unik.

Brand terkenal dengan harga jauh lebih murah dari harga dipasaran tentulah merupakan alasan utama negara ini patut untuk diacungi jempol sebagai salah satu pusat belanja Asia.

Berkunjung ke Causeway Bay tak lengkap jika tak mampir di Victoria Park.
Tempat ini merupakan ruang terbuka hijau di pusat Causeway Bay. Victoria Park ditata rapi sesuai fungsi dan kegunaan fasilitas yang ada. Selain taman untuk duduk-duduk, ada pula kolam renang dan berbagai fasilitas olahraga yang semuanya dekat dengan pusat perbelanjaan dan pantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar