16 Agustus 2011

Inilah Tanda Kecanduan Fitness

Fitness
Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh adalah dengan melakukan fitness. Tetapi ternyata kalau dilakukan secara berlebihan maka anda termasuk sudah kecanduan fitness. Mengapa demikian?

Memang fitness adalah aktivitas yang jika dilakukan dengan benar akan menambah kesehatan dan kebugaran tubuh. Tapi kalau anda melakukan fitness secara berlebihan maka bisa dikatakan anda sudah mengalami kecanduan fitness yang bisa mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh.

Kalau kita melihat kehidupan selebritis, bisa kita lihat bahwa tidak selamanya tubuh mereka super langsing atau perut rata (six pack) dan berotot. Mereka biasanya menaikkan atau menurunkan berat badan sesuai peran yang di dapat dalam film dengan cara funess yang berlebihan. Setelah itu biasanya mereka akan kembali ke tubuh normal mereka. Kebiasaan ini tidak baik untuk ditiru.

Menurut seorang konsultan fitness, sebaiknya olahraga tidak menyebabkan badan terasa letih, mempengaruhi jam tidur dan meningkatkan detak jantung. Jika terasa tanda-tanda ini, berarti anda sudah melakukan olahraga di luar kemampuan fisik anda. Jika ada peningkatan temperatur tubuh atau mengalami demam setelah berolahraga, maka sudah saatnya Anda berhenti sejenak dan istirahat. Latihan secara berlebihan tidak hanya mempengaruhi kualitas tidur, tapi juga kebiasaan makan Anda.

Jadi, bagaimana sebaiknya latihan fitnes dilakukan?

Lakukanlah latihan atau fitness sesuai kemampuan. Jangan memaksakan diri jika anda hanya mampu melakukan push up sepuluh kali dalam sehari. Olahraga yang melebihi kapasitas akan membuat otot-otot dan jaringan fisik menjadi lemah. Risikonya adalah menjadi lelah, patah tulang, bahkan perubahan perilaku.

Sebelum memulai berolahraga, periksalah catatan medis anda dan diskusikan dengan pelatih kebugaran. Apakah latihan yang Anda lakukan sudah sesuai? Bagaimana dampaknya bagi tubuh? Serta nutrisi apa saja yang baik dikonsumsi sebelum dan setelah olahraga?

Nah, berikut beberapa tanda-tanda yang masuk kategori orang-orang kecanduan fitnes:

1. Berolahraga sendirian, terisolasi dari orang lain.

2. Mengikuti pola latihan yang kaku.

3. Olahraga lebih dari 2 jam setiap harinya, tanpa istirahat.

4. Terlalu fokus pada penurunan berat badan dan pembakaran kalori.

5. Memaksakan latihan di saat badan tidak fit atau cedera.

6. Berolahraga di titik yang sedang sakit atau nyeri.

7. Bolos kerja, kuliah atau kegiatan sosial lainnya demi berolahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar