10 Agustus 2011

Anak Pintar Matematika Karena Faktor Bawaan?

Pelajaran yang paling sulit di sekolah pasti banyak orang menyebut matematika. Tapi ternyata ada juga anak yang malah senang dengan pelajaran matematika. Ternyata ketrampilan matematika sudah ada pada anak-anak yang bahkan belum mulai belajar berhitung. Apakah karena faktor bawaan?

Semua ilmu bisa dipelajari. Walaupun ada benarnya, ungkapan seperti itu rupanya bertentangan dengan hasil riset ahli psikologi, yang mengatakan bahwa skil matematika sudah ada pada anak sebelum mereka mulai belajar berhitung.

Tim psikolog dari Universitas Johns Hopkins mengatakan bahwa kemampuan Approximate Number System (ANS) tiap anak berbeda.

Kemampuan ini menentukan seberapa baik anak memahami, mencerna, dan memperkirakan, misalnya, jumlah orang dalam ruangan atau jumlah apel di pohon. Kemampuan ini tidak hanya dimiliki manusia tapi juga hewan.

Psikolog menguji 200 anak usia empat tahun dengan beberapa tugas yang berhubungan dengan jumlah dan pengukuran. Anak harus melihat titik-titik biru dan kuning yang bergerak cepat di monitor. Kemudian mereka diminta memperkirakan jumlahnya, dan menentukan titik warna apa yang jumlahnya lebih banyak, tanpa perlu menghitung.

Ilmuwan menemukan hasil yang berbeda-beda. Pada usia yang sangat muda dan bahkan belum bisa berhitung, skil dasar ini ternyata berhubungan dengan seberapa cepat anak mampu mencerna pelajaran matematika di sekolah, dan ini mungkin menjelaskan kenapa ada anak yang pintar matematika dan ada yang tidak.

"Studi ini menunjukkan bahwa kemampuan matematis sudah ada pada anak bahkan sebelum mereka mulai belajar berhitung," ujar Melissa Libertus, seperti dikutip dari TGdaily.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar