20 April 2011

Apakah Wanita Cantik Sulit Diterima Kerja?

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa wanita cantik akan mudah mendapatkan keinginan mereka. Apakah benar demikian? Ternyata hasil studi menunjukkan bahwa wanita cantik dan berpenampilan menarik ternyata lebih sulit mendapatkan pekerjaan. Mengapa demikian?

Peneliti meyakini hal ini disebabkan mayoritas pegawai SDM adalah perempuan muda yang masih berusia 20-an dan tidak menyukai ‘persaingan’ dengan perempuan lain. Demikian seperti dilansir Telegraph, Rabu (20/4/2011).

Pada riset ini, ekonomi Israel Bradley Ruffle dan Ze’ev Shtudiner mengirimkan sekira 5.000 untuk mengisi lebih dari 2.500 lowongan. Ruffle dan Shtudiner mengirimkan dua CV untuk satu posisi kerja. Satu CV tidak menampilkan foto, sementara CV lainnya menyertakan foto pria/wanita berpenampilan menarik, atau pria/wanita dengan penampilan biasa saja.

Mereka kemudian menemukan bahwa wanita dengan pernampilan menarik ternyata lebih jarang dipanggil untuk wawancara ketimbang wanita berpenampilan biasa saja, atau yang tidak menyertakan foto pada surat lamaran mereka.

Wanita yang tidak menyertakan foto dalam CV mendapat respon 22 persen lebih baik ketimbang wanita berpenampilan biasa, dan 30 persen lebih tinggi ketimbang wanita dengan wajah menarik.

Ruffle dan Shtudiner juga menemukan bahwa 96 persen pegawai SDM perusahaan adalah wanita, di mana sebagian besar masih berusia 20-an dan berstatus lajang. Fakta ini diprediksi membuat mereka cemburu ketika harus berhadapan dengan wanita menarik di tempat kerja.

Oleh karena itu, pria berpenampilan menarik tidak dibayangi risiko seperti halnya wanita cantik. Respon yang diterima pria berpenampilan menarik justru 20 persen lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak menyertakan foto (14 persen) maupun pria dengan penampilan biasa saja (9 persen).

Sumber : Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar