08 Oktober 2011

Tata Surya Punya Planet Ekstra

Tata Surya
Sebuah penelitian menggunakan simulasi komputer menunjukkan bahwa ada planet baru di tata surya kita yaitu pada urutan kelima. Seperti apa? Seorang peneliti dari Southwest Research Institute, Colorado yang bernama David Nesvorny mengatakan dalam sebuah penelitiannya bahwa tidak mungkin tata surya bisa stabil seperti sekarang tanpa keberadaan planet ekstra ini. dalam simulasi komputer menunjukkan bahwa Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus bukanlah satu-satunya raksasa gas di tata surya kita. Dalam simulasi menunjukkan bahwa dengan hanya empat planet raksasa bisa saling menghancurkan dan juga karena keberadaan planet berbatu seperti Mars dan Venus.
Kemungkinan terbentuknya tata surya makin kecil jika tata surya dimulai dengan hanya empat planet berbatu dan empat planet gas. Ketika plenet besar kelima masuk simulasi terjadi keanehan dalam tata surya. Dalam simulasi dimasukkan planet kelima serupa Neptunus atau Uranus setelah Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.
Yupiter dan Saturnus mendorong planet yang lebih ringat lebih jauh kemudian mendekati Yupiter dan mementalkan planet ekstra keluar tata surya. Temuan planet yang melayang dengan bebas di ruang angkasa rasi bintang dalam menunjukkan, penolakan planet bukanlah hal tak biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar